Tips Memilih Pelatihan Karyawan yang Bagus

Info pelatihan karyawan yang bagus di bawah ini akan membantu perusahaan kalian mendapat pelatihan yang efektif dan efisien untuk meningkatkan produktivitas pekerja. Karena banyak sekali lembaga training karyawan yang menawarkan bermacam program pelatihan karyawan, maka ada beberapa pertimbangan agar pilihan kalian tepat. Di sini akan dibahas cara memilih lembaga pelatihan, juga metode yang biasa digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan perusahaan kalian. 

Cara Memilih Lembaga Training

Trainer

Lembaga pelatihan karyawan yang terpercaya salah satunya bisa dilihat dari kualitas para trainernya. Pastikan untuk memilih lembaga yang memiliki trainer bersertifikasi dengan pengalaman dan track record yang bagus pula. 

Klien

Cara lain yang dilakukan adalah melihat klien yang pernah memakai jasa mereka. Ketahui perusahaan-perusahaan yang ada dengan melihat sosial media juga website yang dimiliki dan cek apabila perusahaan tersebut abal-abal, atau perusahaan multinasional. 

Variasi dan Kualitas Materi

Slide1

Setelah melihat trainer dan perusahaan yang menjadi klien mereka, langkah selanjutnya adalah mengamati variasi pelatihan yang ditawarkan. Juga cek jika materi yang ada benar-benar memenuhi kebutuhan pelatihan karyawan yang perusahaan kalian inginkan.

Training yang Berkelanjutan

Lembaga training yang baik juga menawarkan pelatihan yang berkelanjutan. Hal ini terbukti lebih efektif dan tepat untuk melihat hasil yang betul-betul diinginkan. Terkadang ada lembaga training yang hanya menawarkan satu atau dua hari pelatihan, tentu kurang tepat. Maka sebagai pertimbangan, pastikan lembaga karyawan yang kalian pilih menawarkan persiapan sebelum pelatihan dan work plan setelah training, juga dukungan berkelanjutan setelahnya.

Mengikuti Perkembangan Zaman

Seiring berkembangnya zaman juga digitalisasi ditambah munculnya generasi-generasi baru yang jadi peserta training karyawan, maka lembaga pelatihan yang baik diharapkan mampu beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pengembangan dan pelatihan karyawan, sehingga materi yang ada tetap relevan dengan kondisi masa kini. 

Metode Pelatihan Karyawan

Dari info pelatihan karyawan yang bagus di atas, saatnya meilhat metode pelatihan karyawan yang biasanya lembaga training tawarkan, dan lihat apabila dapat diaplikasikan di perusahaan kalian. 

Orientasi

Jenis pelatihan pekerja paling dasar dan dilakukan di hampir semua perusahaan bagi karyawan baru mereka adalah orientasi. Di bagian training ini, sebagai perusahaan kalian harus menyambut karyawan baru, juga memperkenalkan lingkungan dan budaya perusahaan, termasuk menjelaskan pekerjaan yang harus dilakukan. 

Pelatihan ini biasanya akan dilakukan oleh bagian HR atau Human Resource Department yang secara spesifik akan menginformasikan tentang struktur organisasi, budaya perusahaan, prosedur administratif seperti pembuatan email, izin, dan absen, kebijakan perusahaan, dan tujuan perusahaan. 

Pelatihan Onboarding

Yang kedua adalah onboarding training yang merupakan lanjutan dari orientasi. Di fase ini, karyawan baru akan mengikuti serangkaian training khusus di divisinya masing-masing. Jenis pelatihan ini penting dilakukan agar karyawan baru paham dengan jelas tugas mereka dalam tim dan perusahaan. 

Onboarding biasanya akan dilakukan di hari pertama kerja dan berlanjut hingga ada evaluasi dari pelatihan. Onboarding akan dipersiapkan dan dipimpin oleh kepala divisi dengan fokus kepada pencapaian tujuan divisi dan menghubungkan dengan tujuan utama perusahaan.

Yang perlu dipersiapkan kepala divisi adalah menyediakan topik dengan informasi yang dibutuhkan, agar karyawan baru bisa dengan efektif mengetahui hal-hal yang harus dilakukan. 

Kemampuan Teknis

Setelah onboard, saatnya meningkatkan kemampuan teknis karyawan. Beberapa kemampuan teknis yang dapat ditingkatkan adalah penulisan konten, analisis data, coding, manajemen media sosial, desain, programming, juga hal lain sesuai job desc masing-masing karyawan. Training kemampuan teknis merupakan komponen penting karena menjadi jalan utama pekerja memahami cara mengerjakan tugas dengan benar. 

Pelatihan ini juga baiknya dijadwalkan untuk karyawan lama agar selalu update dengan perkembangan terbaru. Program ini dapat dilakukan bersamaan dengan proses onboarding, atau dilakukan terpisah. 

Pelatihan Soft Skill

Selain pelatihan teknis, yang kadang terlupakan adalah pelatihan softskill para karyawan. Hal ini bertujuan agar pekerja mampu berinteraksi dengan harmonis dan efektif dengan pekerja lainnya, termasuk pelanggan, manajemen, juga rekan kerja. Sikap, sifat, dan cara bekerja karyawan akan dievaluasi dan dilatih lewat training softskill. 

Tujuan lain yang dapat dicapai dengan pelatihan softskill adalah untuk membangun budaya kerja yang efisien, dibarengi kesuksesan perusahaan, dan peningkatan turnover. Beberapa topik yang dibahas di pelatihan adalah kemampuan presentasi, komunikasi, pemecahan masalah, resolusi konflik, kecerdasan emosional, skill kepemimpinan, etika, manajemen waktu, kemampuan adaptasi, juga kerja tim. 

Pengajaran Jasa dan Produk

Fase terakhir untuk metode pelatihan adalah mengenalkan jasa dan produk kepada karyawan baru. Training ini dapat disertakan di dalam onboarding atau bisa juga dilakukan secara terpisah untuk karyawan lama untuk penyegaran kembali. Jenis pelatihan ini bertujuan untuk memberi edukasi tentang jasa dan produk yang baru. 

Manfaat Pelatihan Karyawan

Training kerja yang baik akan membawa pengaruh positif pada perusahaan juga karyawan. Secara umum bagi perusahaan, yaitu mereka akan memiliki tenaga kerja yang terampil dan ahli; meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja; meningkatkan produktivitas kerja; mengurangi biaya dan waktu akibat kesalahan yang terjadi; meningkatkan sales dan profit; juga meningkatkan mutu hasil kerja. 

Sedangkan bagi manajer, mereka akan memiliki karyawan yang terampil dan ahli sehingga dapat terlepas dari hal-hal kecil yang bukan bagiannya untuk ditangani; bisa mendelegasikan tanggung jawab dan tugas ke karya; juga menunjang kenaikan karir. Dan bagi karyawan tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri karena bertambah keterampilan dan pengetahuan di bidangnya juga meningkatkan kepuasan kerja. Inilah info pelatihan karyawan yang bagus yang bisa menjadi pertimbangan kalian