Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi bagi Karyawan

Beberapa orang mungkin tidak menyadari dan mengetahui tentang skill atau kemampuan yang mereka miliki, hal itu disebabkan karena tidak adanya keinginan atau belum adanya kesempatan untuk bisa menunjukan atau mengexplor apa yang mereka punya.

Oleh sebab itu diperlukan beberapa kompetensi atau uji kemampuan agar bisa mengetahui tingkat kemampuan tentang skills yang dimiliki oleh seseorang. Biasanya hal tersebut digunakan pada saat-saat yang diperlukan ketika akan mengadakan atau mencari beberapa orang yang memiliki skills pada bidang tertentu, seperti ketika akan merekrut karyawan atau mencari seseorang untuk ditempatkan pada profesi yang sedang dibutuhkan.

Pengembangan kompetensi dan skills biasanya dibutuhkan pada instansi ataupun lembaga-lembaga terkait untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh calon atau karyawan yang mereka punya.

Hal ini tentunya akan mempunyai pengaruh yang cukup baik dan signifikan untuk mengembangkan usaha dan juga keuntungan yang akan didapat, mengapa demikian?

Karena dengan mengikutsertakan karyawan dalam pengembangan kompetensi dan juga skill, maka secara tidak langsung perusahaan tersebut sudah membantu karyawan untuk bisa memaksimalkan kembali kemampuan yang dipunya terutama pada bidang marketing. Karena marketing mempunyai peran yang cukup penting untuk memperkenalkan, mempromosikan bahkan memberikan penawaran terhadap produk ataupun jasa yang ada pada perusahaan tersebut.

Untuk menentukan peserta atau karyawan yang akan diikut sertakan dalam pengembangan kompetensi dan skil yang akan diadakan, baiknya pihak perusahaan mengadakan beberapa seleksi agar bisa menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan kesempatan tersebut lebih dulu.

Hal ini diperlukan mengingat dalam sebuah perusahaan atau instansi tentunya mempunyai jumlah karyawan yang tidak sedikit, sehingga mungkin saja tidak semua karyawan akan diikut sertakan dalam program tersebut.

Slide1

Untuk memudahkan hal tersebut maka ada baiknya jika perusahaan memberikan beberapa syarat dan juga menyeleksi para karyawan sesuai dengan kebutuhan tersebut. Ini akan menghindari adanya kesenjangan social bagi mereka yang menginginkan hal yang sama namun belum atau tidak memiliki kesempatan yang sama.

Dalam mengadakan program pengembangan kompetensi dan juga skills ada baiknya perusahaan tersebut menggunakan jasa atau bantuan dari lembaga terkait mengenai hal tersebut, sehingga hasil yang didapat bisa sesuai dengan harapan.

Ini juga bisa menghindari kecurangan terhadap oknum tertentu yang ingin menempuh cara instan agar bisa mendapatkan posisi atau jabatan stategis dengan cara yang tidak seharusnya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan juga adalah tentang sportifitas yang harus tetap dijadikan acuan dalam melaksanakan kompetensi tersebut, layaknya mengikuti suatu lomba atau pertandingan yang akan memperebutkan sebuah trofi yang berharga.

Dalam melakukan pemilihan terhadap lembaga pelatihan yang ingin anda gunakan, baiknya anda bisa menggunakan beberapa media untuk mencari informasi mengenai lembaga yang sesuai dengan keinginan perusahaan tersebut.Anda juga bisa mencari beberapa referensi dan juga rekomendasi dari orang-orang yang telah menggunakan lembaga pendidikan atau pelatihan tersebut, agar anda mempunyai keyakinan yang lebih untuk bisa menggunakan jasa mereka dan mendapat pengajar yang sesuai.

Jika beberapa hal seperti tersebut diatas sudah anda lakukan, ada baiknya untuk melakukan review ulang kembali, apakah lembaga pendidikan yang anda pilih telah bisa memberikan pelatihan yang baik untuk para peserta, baik dari segi materi, penyampaian dan juga interaksi yang dilakukan pengajar untuk para peserta.

Traning identik dengan suatu pelajaran yang cukup membosankan, hal tersebut biasanya terjadi karena pengajar tidak memperhatikan bagaimana membangun suasana yang baik, hangat atau tidak bisa mencairkan suasana yang sedang berlanngsung.

Slide1