Bagaimana Cara Menyusun Training Plan secara Bagus?

Apa yang dimaksud dengan Training Plan ? Traning plan adalah rencana dalam sebuah training atau pelatihan yang biasanya diadakan oleh pihak-pihak terkait baik dari perusahaan, lembaga ataupun pusat pelatihan dalam rangka memberikan informasi mengenai berbagai tambahan ilmu untuk suatu bidang-bidang tertentu.

Seperti pelatihan untuk mengembangkan teknologi computer, manajemen, dan lain sebagainya. Training plan sendiri dibutuhkan agar mendapatkan strategi yang baik untuk lembaga pelatihan dalam memberikan penawaran terhadap jadwal ataupun rencana yang mereka terapkan agar bisa memenuhi kebutuhan peserta pelatihan, lebih tepatnya adalah penawaran modul untuk setiap pelatihan yang akan diberikan.

Training plan sendiri bisa menjadi salah satu daya tarik yang bisa digunakan oleh lembaga pendidikan atau sejenisnya untuk menarik minat peserta atau dalam hal ini konsumen, agar bisa memanfaatkan serta memaksimalkan penawaran yang diberikan.

Semakin menarik topic atau tema dalam pelatihan tersebut tentunya akan semakin menarik minat konsumen, untuk lebih mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi untuk hal ini, maka anda bisa memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

• Tentukan tema dan bahasan utama ketika anda ingin mengajukan atau mempromosikan pelatihan yang anda berikan, seperti di fokuskan untuk pelatihan mengenai manajemen perkantoran atau pengembangan diri dan sebagainya. Jika anda sudah mendapatkan tema yang ditentukan, maka anda bisa mengembangkannya dengan menawarkan jadwal pelatihan dengan memjabarkan tentang berbagai penjelasan tentang manajemen perkantoran atau lainnya seperti :

– Apa yang dimaksud dengan manajamen perkantoran
– Bagaimana menciptakan manajemen waktu yang baik dalam bekerja
– Pengelolaan manajemen dilihat dari tingkat kepentingan, dan sebagainya

• Sediakan waktu yang cukup untuk menjelaskan dan memberikan paparan tentang pelatihan yang anda berikan, sehingga informasi yang didapat oleh para peserta bisa diterima dengan baik dan maksimal. Berikan juga waktu untuk sesi tanya jawab agar para peserta bisa menanyakan lebih lanjut tentang hal-hal yang dirasa kurang jelas dan membutuhkan gambaran yang lebih subjektif.

Slide1

• Perhatikan tenaga pengajar atau pendidik yang akan anda gunakan dalam memberikan pelatihan, sebaiknya anda menggunakan jasa pelatih yang kompeten pada bidang masing-masing. Hal ini bisa membantu anda dalam memberikan tingkat pelayanan yang maksimal untuk para peserta pelatihan tersebut, dan juga menunjukan kualitas lembaga pendidikan yang anda dirikan.

• Ada baiknya jika anda juga menyediakan atau membagikan souvenir yang menarik untuk para peserta, ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menarik minat dan perhatian konsumen/ peserta yang akan mengikuti pelatihan yang anda tawarkan.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa anda harus mempunyai training plan yang cukup matang dan direncanakan jauh-jauh hari, sehingga anda pun bisa mendapatkan hasil maksimal pada setiap training atau pelatihan yang anda selenggarakan.

Anda juga bisa mempromosikan lembaga pendidikan anda dengan memberikan penawaran berupa beberapa training plan yang anda punya untuk menarik minat mereka.

Begitu banyak cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan promosi untuk jasa yang anda tawarkan, yaitu dengan memanfaatkan keberadaan beberapa media untuk bisa memberikan segala informasi mengenai usaha yang sedang anda jalankan.

Tentunya dengan hadirnya lembaga tersebut anda bisa membantu mereka yang memang membutuhkan berbagai pelatihan yang sesuai dengan bidang masing-masing, atau mereka bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai hal-hal lain diluar atau didalam dari bidang dan keahlian yang mereka miliki.

Slide1