Training Komunikasi Diperlukan Bagi Setiap Orang yang Ingin Sukses

Training komunikasi sangat diperlukan oleh setiap orang terutama untuk mereka yang saat ini memasuki dunia kerja, khususnya jika memilih dunia bisnis.

Komunikasi begitu penting karena tanpa komunikasi maka interaksi antar manusia tidak akan terjadi di kehidupan ini. Walaupun dengan kecanggihan teknologi komunikasi  yang ada kini semakin mudah, namun itu hanyalah media, tetap saja keterampilan dalam berkomunikasi itu yang akan dilihat dan menjadi nilai bagi seseorang.

Keterampilan dalam berkomunikasi merupakan pembelajaran utama yang akan diterima ketika mengikuti training komunikasi. Mulai dari gerak hingga gaya dalam melakukan komunikasi caranya akan dipelajari.

Anda harus tahu, bahwa kesan pertama adalah dasar yang menjadi alasan kenapa gerak hingga gaya komunikasi ini menjadi sangat penting untuk dipelajari. Ketika melakukan komunikasi pertama kali, gerak dan gaya komunikasi Anda akan menetukan kepribadian Anda di mata orang lain.

Istilahnya, cara komunikasi seseorang akan menjadi cermin kepribadian yang akan dilihat oleh oleh orang lain. Untuk itu, cara komunikasi yang berkualitas harus Anda miliki. Hal ini, juga bukan sebatas pemberi kesan saja nantinya tapi benar-benar menampilkan pribadi Anda yang sesungguhnya.

Keuntungan dari mengikuti training komunikasi, salah satunya adalah akan meningkatnya performa Anda dalam bekerja. Anda akan semakin pintar dalam berinteraksi, cerdas dalam memahami sesuatu termasuk dalam menggali pokok permasalahan dimana disana Anda akan melibatkan orang lain, dan setiap pendapat yang Anda keluarkan akan lebih memberi keyakinan khususnya untuk lawan bicara Anda.

Ketika Anda merupakan pemimpin, maka tim yang Anda pimpin tentu akan bisa mempercayai Anda sebagai pemimpinnya karena komunikasi yang Anda miliki mampu meyakinkan mereka. Komunikasi yang berkualitas pun akan mampu meningkatkan kinerja Anda dalam memimpin tim tersebut.

Slide1

Hubungan baik dengan orang lain pun akan terjalin, baik itu dengan orang satu perusahaan maupun dalam menjalin hubungan dengan perusahaan lain.

Selain dengan mempelajari program yang berhubungan dengan keterampilan, prinsip-prinsip dasar pun akan menjadi program dalam pelatihan atau training komunikasi yang Anda ikuti. Poin penting yang jadi bahan pembelajaran selain cara, tipe, dan gaya dalam berkomunikasi ternyata masih banyak.

Misalnya, pemahaman serta penguasaan kosa kata. Kosa kata yang harus Anda miliki haruslah yang mampu menghipnotis orang. Bukan sembarangan menghipnotis dengan kata-kata Anda yang menakjubkan, namun kata-kata  yang Anda keluarkan sifatnya cerdas dan membuat Anda terlihat semakin ‘berisi’ di mata orang.

Pelatihan pun termasuk dalam bagaimana cara Anda mengendalikan hati serta pikiran ketika Anda berkomunikasi dengan orang. EQ atau Emotional Quotient berkontribusi paling besar dalam kehidupan Anda termasuk saat berkomunikasi. IQ atau Intelegent Quotient yang tinggi akan percuma dimiliki jika EQ nya rendah.

Bahkan dalam kesuksesan seseorang, kontribusi IQ hanyalah 20% sedangkan sisanya 80% diberikan oleh EQ. Hal ini dikarenakan, komunikasi bukan hanya kerja mulut saja, melainkan pikiran dan hati pun perlu bekerja juga. Hati dan pikiran merupakan dua hal yang jarang sekali bisa dikontrol setiap orang, untuk itu dalam pelatihan komunikasi Anda akan diajarkan cara mengontrolnya.

Training komunikasi yang Anda lakukan, akhirnya akan membawa Anda pada kepuasan da kesuksesan ketika lawan bicara kita memberikan respon positif. Artinya, ketika lawan bicara Anda memberikan suatu respon yang positif berarti Anda telah berhasil melakukan komunikasi dengan baik.

Namun, jika respon negative yang Anda terima, kegagalan bukanlah kesimpulan utama dari komunikasi yang Anda lakukan. Anda perlu menganalisis kembali apa yang telah Anda gunakan dalam berkomunikasi hingga mendapatkan respon negative tersebut.

Bisa jadi ide atau gagasan pemikiran Anda saat disampaikan kurang mengena di hati orang tersebut. Hal ini bisa Anda jadikan pelajaran sebagai cara menggali pribadi orang yang tentu berbeda setiap orangnya. Anda akan semakin pintar berkomunikasi ketika Anda sudah mengenali pribadi orang yang berbeda-beda tersebut.

Anda sebagai komunikator harus mampu menyampaikan pesan dengan saluran atau cara yang baik dan benar kepada penerima hingga bisa menimbulkan suatu efek atau respon yang positif. Anda, isi pesan, cara, orang yang Anda ajak berkomunikasi, dan responnya adalah elemen dasar dalam berkomunikasi yang akan membantu dan menentukan keberhasilan komunikasi Anda.

Mempelajari karakter atau sifat dari lawan bicara merupakan proses dalam berkomunikasi sehingga elemen dasar dalam berkomunikasi yang Anda lakukan bisa membuahkan hasil positif.

Proses dalam pengenalan karakter lawan berkomunikasi ini sebaiknya yang diperhatikan adalah latar belakang. Mulai dari latar belakang pendidikannya, politik yang dianutnya, perusahaan tempat dia bekerja, posisi atau jabatannya apa, termasuk agama serta asal daerahnya.

Tentu saja pendekatan dengan mengetahui latar belakangnya ini akan membuat Anda lebih bisa menyesuaikan isi pesan berikut cara yang Anda akan lakukan sebagai komunikator terhadap lawan berkomunikasi Anda.

 

Slide1