Teknik-Teknik dalam Training Motivasi untuk Karyawan

Training motivasi adalah salah satu jenis training yang cukup populer yang banyak diikuti terutama oleh sebuah organisasi atau perusahaan.

Mengapa pelatihan motivasi?

Hal ini erat kaitannya dengan kata motivasi itu sendiri. Motivasi adalah suatu hal yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Semakin besar dorongan atau motivasi yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin besar dan semakin giat orang tersebut untuk berusaha mencapai tujuannya.

Para pemegang kebijakan di sebuah perusahaan bisa mempergunakan teknik-teknik yang mereka ambil dari sebuah training motivasi untuk tujuan yang sama.

Beberapa teknik bisa diterapkan secara terus menerus dalam sebuah lingkungan kerja dan hal ini bisa memotivasi karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

  • Merancang sebuah strategi dan membiarkan para karyawan untuk bisa melihatnya. Dengan cara seperti ini mereka bisa melihat tujuan yang ingin dicapai serta memahami apa peran mereka dalam membuat tujuan tersebut tercapai.
  • Kadang-kadang biarkan para karyawan untuk menentukan arah. Para karyawan adalah orang yang paling dekat dengan realita karena merekalah yang melakukan pekerjaan tersebut setiap harinya. Para karyawan ini memiliki sudut pandang yang berbeda dan seringkali mereka bisa melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh para atasan. Memberikan mereka kesempatan untuk menentukan arah akan memupuk kepercayaan diri mereka dan juga membuat mereka merasa memiliki peran yang penting dalam laju perusahaan.
  • Terbukalah terhadap ide-ide dari karyawan termasuk ide yang paling aneh dan radikal sekalipun. Buatlah sebuah cara sehingga para karyawan bisa memberikan ide mereka tanpa merasa terbebani sedikitpun. Sebuah perusahaan yang mendorong karyawannya untuk aktif dalam usaha pengembangan perusahaan akan memproduksi suasana kerja yang kompetitif namun tetap penuh dengan suasana persahabatan.
  • Tidak meninggalkan satu orang anggota tim di belakang. Sebuah tim yang meninggalkan atau mengabaikan anggotanya yang memiliki masalah adalah salah satu cara untuk menurunkan prestasi dan performa kerja. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, masalah seperti ini dapat dideteksi sesegera mungkin dan bisa dilakukan tindakan yang tepat.
  • Memperlakukan seluruh anggota atau seluruh karyawan dengan hormat dan tetap menghargai usaha mereka saat mereka berhasil mencapai tujuan ataupun saat mereka gagal dan melakukan kesalahan.

Semua teknik-teknik diatas adalah teknik yang sering dipergunakan dalam sebuah training motivasi. Ternyata, teknik tersebut juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan kerja sehari-hari dan bila dilakukan secara konsisten, maka hasil yang akan diterima juga tidak akan mengecewakan.

Selain semua teknik diatas, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan untuk memotivasi para karyawan selain dengan mengkutkan mereka pada sebuah training motivasi. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan training atau pelatihan secara berkala. Secara tidak langsung, mengikutsertakan para karyawan dalam sebuah pelatihan akan memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Alasannya adalah:

Slide1
  • Membantu karyawan memahami posisi mereka dan peran mereka demi tercapainya tujuan bersama. Sangat mudah bagi seorang karyawan untuk merasa bahwa pekerjaan mereka tidaklah begitu penting dan mereka tidak terlalu berarti bagi tempat mereka bekerja. Dengan mengikuti pelatihan, mereka akan memahami posisi mereka dan pentingnya keberadaan mereka bagi perusahaan. Hal ini pastinya akan membuat mereka menjadi jauh lebih termotivasi dalam melakukan tugas mereka.
  • Meningkatkan kemampuan para karyawan. Para karyawan terkadang sudah mengetahui bahwa ada banyak hal yang perlu mereka tingkatkan namun mereka tidak memiliki cara untuk melakukannya. Dengan mengikuti pelatihan, mereka akan bisa menguasai kemampuan yang sebelumnya tidak mereka kuasai dan hasilnya adalah perasaan senang dalam melakukan pekerjaan mereka menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.
  • Memberikan sebuah pesan kepada karyawan bahwa mereka adalah bagian penting dari perusahaan. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri para karyawan dan hal ini bisa menciptakan loyalitas dan keterikatan terhadap perusahaan itu sendiri.
  • Memberikan gambaran yang jelas kepada para karyawan tentang peningkatan yang bisa mereka dapatkan dan hal ini erat kaitannya dengan  pengembangan karir mereka sendiri .

Memberikan training motivasi dari waktu ke waktu tidaklah cukup untuk memompa semangat dan memotivasi para karyawan. Perlu kerja keras dan komitmen dari para pemegang kebijakan untuk bisa terus menerus memotivasi karyawan mereka diluar waktu training. Berbagai hal yang sudah disebutkan diatas bisa dikatakan sebagai perpajangan tangan dari sebuah training motivasi.

Semua hal diatas merupakan hal yang umum dilakukan dalam sebuah training namun sayangnya sering diabaikan di lingkungan kerja yang lebih mempengaruhi kinerja karyawan. Pengembangan atau perpanjangan tangan dari training ini dalam kehidupan kerja sehari-hari bisa memberikan hasil yang jauh lebih efektif dan efisien bila dibandingkan dengan mengikutkan para karyawan dalam pelatihan jangka pendek tanpa ada usaha untuk melakukan follow up.

Slide1