Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Pelatihan

Memiliki bisnis serta perusahaan sendiri mungkin merupakan salah satu pencapaian terbesar dalam kehidupan Anda.

Sebagai pemilik perusahaan, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjamin kelangsungan bisnis Anda dan meningkatkan performa bisnis Anda secara lebih optimal.

Kualitas produk serta strategi pemasaran mungkin merupakan dua hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam bisnis yang Anda kelola. Selain itu, aspek penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas SDM serta keahlian yang dimiliki oleh karyawan Anda.

Perusahaan yang memiliki karyawan dengan kualitas SDM yang bagus akan lebih mudah meraih sukses dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki karyawan dengan kualitas SDM yang buruk. Mengingat pentingnya kualitas SDM dalam perusahaan Anda, Anda perlu mengadakan berbagai pelatihan untuk karyawan Anda sehingga karyawan Anda memiliki kualitas yang jauh lebih baik dan dapat memberikan kontribusi yang lebih optimal pada perusahaan.

Secara umum, pelatihan untuk karyawan memiliki beberapa tujuan utama antara lain meningkatkan keahlian yang dikuasai oleh karyawan, meningkatkan produktivitas kerja karyawan, meningkatkan kepuasan karyawan terhadap pekerjaannya, serta meningkatkan pemahaman karyawan terhadap tugas serta tanggung jawabnya dalam perusahaan.

Ada berbagai jenis pelatihan yang bisa Anda berikan kepada karyawan yang bekerja di perusahaan Anda. Jenis pertama dikenal dengan nama pelatihan keahlian. Pada jenis ini, program yang diberikan relatif sederhana yaitu berupa pengidentifikasian kekurangan atau kebutuhan karyawan melalui serangkaian penilaian. Jenis pelatihan lain yang bisa Anda berikan pada karyawan Anda adalah pelatihan ulang. Pada jenis ini, karyawan diberikan berbagai keahlian yang dapat berguna pada saat menghadapi perubahan yang muncul dalam tuntutan kerja.

Anda juga bisa memberikan pelatihan fungsional silang pada karyawan Anda. Pada jenis ini, karyawan dituntut untuk dapat mengerjakan bidang pekerjaan lain dalam perusahaan di luar bidang kerja yang biasa dikerjakan.

Slide1

Metode pendekatan yang bisa digunakan dalam jenis pelatihan yang satu ini antara lain adalah melakukan rotasi pekerjaan, pertukaran karyawan antar departemen, dan penggunaan kolega sebagai pelatih internal. Jenis pelatihan lain yang bisa Anda berikan pada karyawan Anda adalah pelatihan tim dan kreativitas.

Pada jenis ini, karyawan dituntut untuk dapat bekerja sama dalam satu tim dan memberikan kontribusi yang berguna untuk kemajuan serta pencapaian tim tersebut. Karyawan juga dituntut untuk mengembangkan kreativitas dalam memecahkan berbagai masalah yang muncul serta belajar untuk mengungkapkan gagasan mengenai solusi apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Manfaat Apa yang didapat dari Pelatihan?

Secara umum, pelatihan dapat memberikan manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan oleh karyawan antara lain berupa meningkatnya pengetahuan serta keterampilan karyawan, meningkatnya kualitas dan kuantitas output yang dihasilkan oleh karyawan, memungkinkan karyawan untuk membantu tugas manajer, memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memahami serta menjalankan metode kerja baru, memiliki sikap yang lebih baik sebagai karyawan, meningkatkan kualitas hubungan antar karyawan, memungkinkan staf atau karyawan baru untuk dapat beradaptasi secara lebih mudah, meningkatkan motivasi karyawan, serta meningkatkan kemampuan identifikasi karyawan terhadap organisasi perusahaan.

Sementara itu, manfaat pelatihan yang bisa didapatkan oleh perusahaan antara lain berupa meningkatnya efisiensi dalam produksi, meningkatnya jumlah serta kualitas produk yang dihasilkan dari proses produksi, tersedianya solusi yang lebih memadai untuk berbagai masalah yang dihadapi oleh perusahaan, serta terciptanya lingkungan kerja yang lebih kondusif dan produktif.

Sebagai pemilik bisnis atau perusahaan, Anda sebaiknya menyadari bahwa kualitas serta performa karyawan Anda akan membawa pengaruh yang sangat besar pada kualitas serta performa bisnis yang Anda kelola. Oleh karenanya, memilih bentuk pelatihan yang tepat merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas serta potensi karyawan secara lebih efektif.

Dilihat dari teknisnya, ada beberapa jenis pelatihan yang bisa Anda berikan pada karyawan Anda. Jenis pertama dikenal dengan istilah pelatihan standar. Dalam jenis ini, karyawan akan diberikan berbagai materi yang dibutuhkan agar karyawan dapat mengembangkan potensi serta performa kerja secara lebih maksimal.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan pelatihan dalam bentuk simulasi. Pada metode ini, karyawan akan diberikan suatu kasus atau diletakkan dalam suatu kondisi tertentu yang menuntut karyawan untuk memecahkan kasus tersebut dengan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang dikuasai. Metode simulasi dapat menunjukkan sejauh mana kemampuan karyawan dalam memecahkan suatu masalah.

Metode terakhir yang bisa digunakan dalam pelatihan adalah metode interaktif. Secara garis besar, metode interaktif merupakan gabungan antara metode pelatihan standar dengan metode simulasi. Dengan memilih metode yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat meningkatkan performa serta potensi karyawan dalam perusahaan Anda secara lebih efektif.

Meningkatnya performa karyawan tentu akan membawa dampak positif pada perusahaan atau bisnis yang Anda kelola. Melalui berbagai pelatihan yang Anda berikan pada karyawan Anda, performa perusahaan atau bisnis yang Anda kelola akan ikut meningkat dan Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dari bisnis atau perusahaan yang Anda miliki.

Slide1