Bagaimana Cara Melakukan Analisa Kebutuhan Training yang Efektif?

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Training yang baik akan membawa perubahan kepada pesertanya, namun unuk menyelenggarakan training yang baik tersebut maka harus dilakukan analisa yang tepat.

Tujuan dari penilaian kebutuhan pelatihan adalah untuk mengidentifikasi persyaratan kinerja dan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja sebuah instansi untuk mencapai persyaratan.

Sebuah pelatihan yang efektif penilaian kebutuhan akan membantu mengarahkan sumber daya kepada produktivitas usaha.

Penilaian harus mencakup sumber daya yang dibutuhkan untuk memenuhi misi organisasi, meningkatkan produktivitas dan menyediakan produk dan layanan berkualitas.

Sebuah penilaian kebutuhan adalah proses mengidentifikasi kesenjangan antara kinerja yang diperlukan dan kinerja saat ini. Ketika ada perbedaan, hal ini mengeksplorasi penyebab dan alasan kesenjangan dan metode untuk menutup atau menghilangkan kesenjangan tersebut. Sebuah penilaian kebutuhan yang lengkap akan mempertimbangkan konsekuensi untuk mengabaikan kesenjangan.

Tingkat penilaian terhadap kebutuhan training ada beberapa macam, diantaranya adalah:

Slide1

Penilaian organisasi untuk mengevaluasi tingkat kinerja organisasi
Penilaian jenis ini akan menentukan keterampilan, pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan. Hal ini menentukan apa saja yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah dan kelemahan serta meningkatkan kekuatan dan kompetensi. Penilaian organisasi mempertimbangkan berbagai faktor tambahan termasuk perubahan demografi, teknologi dan ekonomi.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Penilaian kerja akan meneliti keterampilan, pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk kelompok pekerja.

Penilaian kerja mengidentifikasi bagaimana dan dimana perbedaan pekerjaan atau ada kesenjangan.. Hal ini juga meneliti cara-cara baru untuk melakukan pekerjaan yang dapat menghilangkan perbedaan atau kesenjangan.

Penilaian individu menganalisis seberapa baik seorang karyawan melakukan pekerjaan dan menentukan kapasitas individu untuk melakukan pekerjaan yang baru atau berbeda. Penilaian individu yang memberikan informasi tentang karyawan membutuhkan pelatihan dan jenisnya.

Proses penilaian kebutuhan pelatihan
Penilaian kebutuhan berdasarkan keselarasan perilaku kritis dengan misi lembaga yang jelas akan mencapai persyaratan kinerja kerja dan untuk membantu lembaga anda dengan menghilangkan upaya pelatihan berlebihan, secara substansial mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dalam pelatihan dan membantu manajer dalam mengidentifikasi persyaratan kinerja yang terbaik dapat dipenuhi oleh pelatihan dan strategi pembangunan lainnya.

Untuk melampaui pembelajaran dan benar-benar mencapai perilaku kritis badan juga akan perlu mempertimbangkan bagaimana driver yang diperlukan akan mempertahankan hasil yang diinginkan.

Jelaskan hasil yang diinginkan yang akan berkontribusi terhadap tujuan misi training tersebut.

Memperjelas perilaku yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan kemudian anda bisa menentukan beberapa kebutuhan yang diperlukan untuk mempertahankan perilaku yang lebih baik dalam perusahaan.

Penilaian kebutuhan mungkin akan hanya berhasil seperti perencanaan dengan menetapkan tujuan atau sasaran untuk penilaian kebutuhan tersebut. Evaluasi organisasi atau lembaga dalam kesiapan dan mengidentifikasi peran kunci masing-masing staff dalam perusahaan.

Evaluasi sebelum penilaian kebutuhan lainnya kemudian anda bisa menyiapkan rencana training. Inventarisasi kapasitas staff dan teknologi untuk melakukan penilaian keterampilan pelatihan yang bermakna dan analisis. Selain itu sebelum training anda bisa memperjelas langkah-langkah keberhasilan dan program training yang utama.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Perilaku penilaian kebutuhan training
Mendapatkan beberapa kebutuhan dan dikaji dalam data, hal ii bisa meliputi rencana strategis, menilai metrik HR, meninjau deskripsi pekerjaan, melakukan survei, review penilaian kinerja. Perilaku ini juga dapat dilihat dari masalah kinerja atau masalah kelompok kerja maupun individu.

Hasil dari penilaian kebutuhan memungkinkan manajer pelatihan untuk mengatur tujuan training dengan menjawab dua pertanyaan yang sangat mendasar diantaranya adalah apa yang perlu dilakukan dan mengapa hal itu tidak dilakukan sekarang?

Identifikasi akurat siapa yang butuh pelatihan dan pelatihan apa yang diperlukan, kadang-kadang pelatihan bukanlah solusi terbaik dan itu hampir tidak pernah menjadi solusi. Beberapa kesenjangan kinerja dapat dikurangi atau dihilangkan melalui solusi manajemen lainnya, seperti berkomunikasi, menyediakan lingkungan kerja yang mendukung dan memeriksa job yang didapatkan.

Intervensi ini juga diperlukan jika pelatihan adalah untuk menghasilkan perilaku baru yang berkelanjutan diperlukan untuk mencapai tingkat kinerja baru bagi seorang individu, pekerjaan atau seluruh organisasi.

Mengidentifikasi keterampilan kebutuhan bisnis
Sebuah analisis kebutuhan pelatihan merupakan keterampilan kebutuhan bisnis untuk bergerak maju. Hal ini membutuhkan keterampilan spesifik pada industri atau keterampilan administrasi dan IT yang lebih banyak digunakan.

Anda mungkin ingin staff anda untuk belajar keterampilan baru atau cara yang lebih baik melakukan tugas-tugas yang ada. Dengan analisis ini, anda dapat memilih pelatihan di sekitar untuk pelatihan terbaik yang tersedia dan ada banyak sumber daya untuk membantu anda.

Keterampilan apa yang anda butuhkan untuk memenuhi tujuan-tujuan training tersebut. Apakah ini keterampilan baru atau cara untuk melakukan pekerjaan yang sama yang lebih baik?

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Menentukan pelatihan yang tepat
Untuk mendapatkan nilai terbaik dari investasi anda dalam pelatihan, pelatihan harus disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan untuk tujuan bisnis Anda.

Pengusaha ingin pelatihan bagi staf mereka dan beberapa pertimbangan ini selalu mereka lakukan, tidak memerlukan biaya banyak, mudah untuk mengelola tanpa banyak dokumen, tidak mengambil karyawan dari tempat kerja terlalu lama, dapat dimasukkan ke dalam praktek langsung, memiliki hasil yang terukur.

Skillset kreatif memiliki dana khusus untuk Industri kreatif, lihat apakah salah satu dari program ini didanai dengan kreatif bisa menawarkan solusi.

Lihatlah misi perusahaan anda dan rencana perusahaan, sebuah rencana perusahaan harus memberikan indikasi yang jelas tentang bagaimana perusahaan berencana untuk mengembangkan dalam waktu dekat.

Dalam dunia yang ideal, anda sebagai Training Manager sudah akan terlibat dalam diskusi dengan mereka yang membuat keputusan tentang arah yang diambil perusahaan tetapi jika hal ini tidak terjadi, cobalah untuk mengatur untuk berbicara dengan manajemen senior pada tahap tersebut tentang setiap perubahan yang direncanakan yang mungkin membutuhkan keterampilan baru atau perubahan organisasi.

Langkah berikutnya adalah untuk menyampaikan informasi ini ke bawah sehingga transfer menjadi langkah-langkah konkret untuk membantu karyawan perusahaan bekerja menuju tujuan tersebut.

Contoh yang sederhana namun relevan, jika perusahaan berencana untuk membawa teknologi baru, beberapa staff akan perlu untuk dilatih menggunakan dan mungkin memelihara peralatan tersebut.

Jika organisasi tersebut akan mengalami perubahan besar dalam waktu dekat, semua staff dapat mengambil manfaat dari lokakarya dan briefing untuk membantu mereka memahami dan bekerja dengan perubahan ke depan. Beberapa kebutuhan-kebutuhan tersebut akan dialokasikan pada seluruh organisasi, yang lain akan departemen tim tertentu dan lain-lain akan khusus untuk individu.

Untuk membangun dan mengembangkan keterampilan maupun pengetahuan yang dianggap penting, hal ini tidak ada yang menolak dari kenyataan bahwa hal tersebut bagian dari proses ini akan memakan waktu dan orang mungkin ingin mengembangkan keterampilan dan pengalaman di tempat kerja yang tidak berhubungan langsung dengan keseluruhan rencana perusahaan memiliki.

Dalam sebuah organisasi dengan dana dan waktu untuk memungkinkan individu untuk mengembangkan keterampilan yang saling melengkapimaka perencanaan sukses juga merupakan pertimbangan yang diperlukan masing-masing individu yang tidak memerlukan keterampilan dan pengalaman langsung, tetapi dapat dilakukan jika mereka untuk mengisi kekosongan dalam waktu beberapa tahun.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Proses administrasi dan pengumpulan data
Pengumpulan kebutuhan pelatihan data dapat menjadi proses yang sangat memakan waktu.

Ada beberapa kelebihan bahwa setelah proses training telah dilakukan sekali, sangat mudah untuk kembali dan menindaklanjuti apa yang telah terjadi dan apa yang perlu ditambahkan ke rencana training selanjutnya, tetapi meskipun demikian serangkaian wawancara dan atau kuesioner perlu didistribusikan dan dilakukan kepada setiap karyawan.

Untuk meringankan beban, manajer atau orang lain dapat diberikan pengarahan sehingga mereka dapat melakukan wawancara untuk menetapkan kebutuhan dan membantu dengan bentuk-bentuk lain jika wawancara tidak bisa dilakukan.

Proses pembentukan kebutuhan pelatihan dapat dilakukan sebagai bagian dari proses penilaian dan jika kinerja yang terkait dengan proses ini, anda dapat memilih untuk tetap memisahkan masalah satu dengan lainnya.

Saat menetapkan proses baru untuk analisa kebutuhan training terutama semua prosedur baru, hal ini penting untuk staff saat bekerja untuk mendapatkan dukungan mereka dan memastikan proses baru memiliki manfaat sebanyak mungkin. Salah satu masalah yang mungkin perlu ditangani secara khusus adalah untuk menekankan fakta bahwa pelatihan tidak hanya rencana saja tetapi harus relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Sistem yang akan membantu kebutuhan training
Sangat penting untuk memastikan anda memiliki sistem yang akan membantu penyimpanan dan menganalisis data yang dikumpulkan dari individu sehingga anda dapat menggunakannya dengan cara tersendiri.

Untuk menyimpannya anda tidak perlu biaya yang mahal, gunakan Microsoft Office software standar dalam bentuk format Excel atau database Access untuk memudahkan anda. Suatu sistem yang dikelola dengan baik akan memudahkan anda untuk mendapatkan apa dan bagaimana topik training yang akan diselenggarakan.

Menerapkan rencana
Rencana lebih mudah diucapkan daripada dilakukan dan semua orang yang pernah mencoba tahu betapa sulitnya untuk memberikan training beberapa karyawan untuk sesi pembelajaran formal, baik itu on-the -job, di desktop atau dari situs. Kuncinya adalah untuk terus mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung, hal ini bisa dilakukan dengan menempatkan sistem untuk memonitor.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Cara ini berguna untuk memiliki perwakilan dinominasikan dalam setiap tim atau departemen yang akan melaporkan kembali pada apa yang telah terjadi setiap bulan.

Jika ada anggaran pelatihan maka training bisa dikelola secara terpusat, beberapa informasi ini secara otomatis akan datang pada manajer anggaran pelatihan. Rencana untuk mengadakan training adalah bagian dari training tersebut. Perencanaan bisa saja gagal atau tidak dijalankan, namun bila anda benar-benar ingin membuat karyawan anda memiliki profesionalisme dan bisa lebih produktif, rencanakan training yang akan diselenggarakan.

Perencanaan training yang tepat adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil training yang diinginkan. Bila anda tidak menetapkan topik atau bahasan training yang tepat maka bagaimana anda bisa mendapatkan hasilnya?

Menerapkan rencana untuk menentukan beberapa hal tentang training yang akan diadakan, hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan jajak pendapat, atau jika anda adalah seorang manajer maka anda bisa mempertimbangkan rencana training tersebut melalui beberapa masalah yang banyak di alami oleh karyawan anda. Permasalahan banyak terjadi ketika anda tidak bisa berkomunikasi dengan karyawan dengan baik.

Ingin cepat mempelajari kebutuhan pelatihan dari kelompok karyawan yang memiliki pekerjaan yang serupa?

Anda tidak ingin untuk mengembangkan dan menerapkan survei, menempatkan pertanyaan dalam sebuah program komputer atau anda menjalankan analisis tentang informasi demografis yang telah dikumpulkan. Pelatihan atau training adalah penilaian kebutuhan agar bisa bekerja lebih baik di organisasi kecil hingga menengah. Penilaian kebutuhan pelatihan ini membantu menemukan program pelatihan umum untuk sekelompok karyawan.

Fasilitator mengumpulkan seluruh karyawan yang memiliki pekerjaan yang sama di ruang konferensi dengan papan putih atau flip chart dan spidol. Mintalah setiap karyawan untuk menuliskan beberapa kebutuhan pelatihan bagi mereka yang paling penting. Tekankan bahwa karyawan harus menulis kebutuhan training secara spesifik.

Komunikasi atau team building merupakan kebutuhan pelatihan yang luas seperti karena anda akan perlu untuk melakukan pelatihan pada kedua penilaian kebutuhan di masing-masing topik.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Bagaimana untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan atau bagaimana untuk menyelesaikan konflik dengan rekan kerja, hal ini adalah kebutuhan pelatihan yang lebih spesifik. Anda bisa meminta setiap orang untuk membuat daftar kebutuhan pelatihan bagi mereka.

Ketika mereka memberikan daftar kebutuhan pelatihan, fasilitator menangkap kebutuhan pelatihan di papan putih atau flip chart.

Ketika semua kebutuhan pelatihan telah terdaftar, anda bisa menggunakan proses voting tertimbang untuk memprioritaskan kebutuhan pelatihan yang penting di seluruh team dalam perusahaan. Dalam proses pemungutan suara tertimbang, anda menggunakan angka yang tertulis dalam spidol untuk memilih dan memprioritaskan daftar kebutuhan training.

Daftar kebutuhan pelatihan dalam urutan kepentingan dengan jumlah poin yang besar sebagai suara menentukan prioritas kebutuhan training, sebagaimana ditentukan oleh proses voting tersebut. Pastikan anda memiliki catatan terbaik diambil oleh seseorang di laptop mereka saat proses sedang berlangsung. Luangkan waktu atau menentukan jadwal sesi lain untuk melakukan identifikasi dalam proses penilaian kebutuhan.

Hal ini akan membantu anda mencari dan menjadwal pelatihan untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Perhatikan nomor satu atau dua kebutuhan masing-masing karyawan yang mungkin tidak menjadi prioritas untuk karyawan perusahaan. Cobalah untuk membangun tujuan bahwa training bisa menjadi rencana pengembangan kinerja karyawan.

Penilaian kebutuhan pelatihan atau analisa kebutuhab training dapat dan sangat perlu dan hal ini jauh lebih rumit dari sesi training tersebut. Analisa kebutuhan training tersebut adalah proses yang baik untuk penilaian kebutuhan pelatihan sederhana.

Pastikan anda menjaga komitmen yang dihasilkan oleh kebutuhan pelatihan dalam proses penilaian. Karyawan diharapkan untuk menerima sesi utama training yang diidentifikasi dengan training untuk kebutuhan mereka.

Pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan sering tidak berhasil atau menghasilkan tujuan yang diharapkan. Bila perusahaan tidak bisa menganalisa kebutuhan training yang akan diadakan, tentu saja setelah training tidak ada hasil yang maksimal. Sebuah training yang akan diselenggarakan harus memberikan hasil yang maksimal kepada pesertanya.

Bila anda ingin mebuat training benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan apa yang diharapkan perusahaan, maka buatlah analisis kebutuhan training tersebut.

Semua staff yang ada dalam perusahaan sangat penting untuk menentukan tujuan dari training yang akan dilaksanakan. Sekalipun membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menganalisa semua kebutuhan tersebut, namun hasilnya akan sangat luar biasa ketika anda bisa menjalankannya.

Training menjadi bagian penting dalam perusaaan atau organisasi untuk membentuk team yang handal. Selain itu training yang baik adalah dengan memberikan apa yang diinginkan staff yang bermasalah atau mengalami kesulitan dalam pekerjaan.

Jika training hanya untuk kepentingan satu orang saja, akan sia-sia hasilnya dan hanya menguntungkan satu orang tersebut.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Slide1