Persiapan agar Training Menjadi Lebih Efektif

Pada saat seseorang sedang atau akan melaksanakan tugas yang berkaitan dengan keahlian atau bidang berbeda yang dimilikinya, biasanya seseorang akan mengikuti suatu pelatihan atau traning agar mendapatkan atau mengingat kembali dan bahkan mengasah kemampuan mereka dengan mengikuti pelatihan atau training yang diadakan baik oleh dirinya sendiri ataupun intansi dan tempat dimana dia bekerja.

Hal ini biasanya ada kaitannya dengan promosi yang dilakukan dari tempatnya bekerja untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik lagi, atau bisa disebut dengan rencana kenaikan pangkat seseorang ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi lagi.

Pada instansi atau perusahaan tertentu mereka akan mengikut sertakan karyawan yang ditunjuk untuk mengikuti traning dalam beberapa waktu, bisa dilakukan didalam atau luar kota dan tergantung dari tingkat kebutuhan pihak perusahaan.

Agar traning atau pelatihan yang akan dilaksanakan tersebut berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala yang berarti baiknya dari pihak karyawan atau perusahaan tersebut melakukan segala persiapan yang cukup matang, sehingga apapun yang akan menjadi tujuan bisa tercapai dengan baik dan maksimal.

Mengapa traning perlu dilakukan ? selain untuk mengasah kemampuan dan juga mendapatkan hal dan ilmu yang baru, traning juga dibutuhkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab bahkan motivasi tersendiri bagi karyawan terhadap tugas baru yang akan didapat.

Hal ini pun berguna untuk mengembangkan potensi baik kemampuan dan juga kepribadian dari karyawan tersebut, seperti contoh : sebelum mengikuti traning atau pelatihan mereka menjadi karyawan yang cenderung menutup diri bahkan membatasi pergaulan yang bisa saja menghambat karirnya.

Tetapi setelah mengikuti pelatihan mereka menjadi pribadi yang mempunyai rasa percaya diri yang cukup baik, sehingga mereka pun pandai berinteraksi dengan banyak orang. Dengan demikian secara tidak langsung maka mereka telah membuka diri untuk pergaulan yang cukup luas, dan membuka networking yang baik kepada semua rekan kerja maupun bisnis.

Slide1

Hendaknya sebagai karyawan anda bisa memaksimalkan kesempatan tersebut dan tidak menyia-nyiakannya, karena perlu dketahui bahwa jika perusahaan tempat anda bekerja telah mengikut sertakan anda dalam training, itu sama halnya dengan perusahaan memberikan apresiasi lebih terhadap apa yang telah anda kerjakan.

Lebih tepatnya sebagai bentuk penghargaan atau perhatian terhadap prestasi dan juga skil yang anda miliki, walaupun mungkin anda sendiri tidak menyadari hal tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi anda ketika akan mengikuti traning dalam jangka waktu tertentu, seperti :

• Melakukan persiapan baik fisik maupun mental untuk menghadapi dan menerima materi pengajaran yang akan disampaikan dalam traning tersebut.

• Jika anda akan mengikuti traning dalam beberapa waktu dan dengan lokasi yang cukup jauh sehingga anda harus tinggal pada tempat tertentu, baiknya lakukan persiapan untuk hal-hal yang bersifat pribadi misalnya menyiapkan baju ganti dan perlengkaoan lainnya, sehingga anda akan selalu tampak siap dalam mengikuti traning tersebut

• Pelajari setiap materi yang akan dan telah disampaikan oleh pengajar, sehingga anda akan lebih mudah mencerna dan memahami setiap materi yang dibahas.

• Anda juga bisa membuat rangkuman atau resume untuk setiap materi dan pelajaran yang telah anda terima selama traning berlangsung, sehingga bisa dijadikan dalam satu bentuk laporan yang akan disampaikan kepada perusahaan tentang apa saja yang telah anda dapatkan dan kerjakan selama traning tersebut berlangsung.

• Terapkan dan manfaatkan ilmu yang anda dapat untuk mengembangkan perusahaan tempat anda bekerja, sehingga perusahaan tersebut bisa lebih berkembang pesat.

Lihat VIDEO BAGUS tentang Pelatihan Leadership DISINI.

Slide1