Mengapa Perlu Mengikuti Training Manajemen?

Apakah Anda ingin meningkatkan pencapaian dalam karir? Berapa banyak orang yang berusaha keras untuk melakukan hal tersebut namun tetap tidak berhasil?

Dunia bisnis semakin dinamis. Banyak perubahan yang terjadi di dalamnya. Orang-orang baru dengan kompetensi yang lebih baik bermunculan, memberikan sedikit peluang bagi pemain lama untuk meningkatkan posisinya.

Kembali ke bangku kuliah lagi? Mungkin bukan ide yang cukup bagus mengingat betapa padatnya rutinitas yang telah Anda jalani selama ini. Yang Anda butuhkan sekarang adalah mengikuti program Training Manajemen efektif.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa pentingnya mengikuti sebuah pelatihan yang notabene bisa mengharuskan Anda berinvestasi sampai jutaan rupiah. Atau Anda masih terus berharap perusahaan akan memilih Anda menjadi salah satu wakil yang akan diikutsertakan dalam Training Manajemen secara gratis.

Bagaimana dengan tema-tema seminar yang terlihat sama saja dan membosankan?

GRATIS - 3 Buku Panduan Maknyuss tentang Strategi Pengembangan SDM. Download sekarang.

Training Manajemen yang diset sedemikian rupa oleh penyedia jasa pelatihan tentu memiliki tujuan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan sumber daya manusianya.

Tema yang terkesan sama dari satu training ke training yang lainnya sebenarnya menunjukkan betapa masih banyak orang yang membutuhkan pemahaman tentang topik tertentu dalam bidang manajemen.

Training Manajemen menawarkan banyak keuntungan baik untuk perusahaan maupun karyawan yang menjadi peserta itu sendiri. Anda tentu menyadari bahwa perusahaan selalu membutuhkan tenaga-tenaga handal untuk mencapai sasaran-sasaran strategisnya.

Itulah mengapa seringkali mereka yang sudah berpengalamanlah yang dicari untuk menjadi bagian terbaru dari organisasi. Akan tetapi, beberapa orang berpengalamanpun harus tetap menyesuaikan kebutuhan pasar sekarang dengan memperbaharui pengetahuan serta ketrampilannya.

Manfaat dari pelatihan tersebut tentu berbeda-beda  dari satu pihak dengan pihak yang lain, tergantung dari posisi masing-masing.

GRATIS - Materi Pelatihan tentang Penilaian Kinerja Karyawan dan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Bagi karyawan, keuntungan mengikuti Training Manajemen bisa berupa :

  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Mengurangi waktu untuk belajar
  • Meningkatkan kepuasan kerja

Bagi manajer, secara tidak langsung mendapatkan manfaat :

  • Memiliki anak buah yang lebih ahli dan terampil
  • Lebih leluasa memberikan lebih banyak tugas dan tanggung jawab kepada bawahan
  • Semua pekerjaan dapat dikerjakan lebih lancar dan cepat
  • Mendukung performa dan karir di perusahaan yang memungkinkan kenaikan jabatan
  • Terlepas dari tugas-tugas kecil yang dapat dikerjakan oleh bawahan

Bagi perusahaan, keuntungan dari mengikutsertakan karyawannya dalam pelatihan manajemen antara lain:

  • Tenaga kerja yang dimiliki lebih ahli dan terampil
  • Produktivitas kerja meningkat
  • Mutu hasil kerja meningkat
  • Effisiensi dan efektifitas kerja lebih baik
  • Mengurangi kesalahan dan menekan biaya operasional
  • Meningkatkan sales dan profit

Ada banyak penyedia Training Manajemen yang menawarkan produk pelatihan dengan fasilitas dan biaya yang beragam. Sebagai seorang karyawan, Anda dapat secara langsung mendaftar pelatihan yang sudah disediakan oleh perusahaan, atau secara pribadi mencari lembaga training sendiri.

Tentunya Anda dapat memilih setelah mempertimbangkan beberapa hal. Seringkali perusahaan mengadakan pelatihan yang berulang-ulang, sehingga Anda membutuhkan informasi baru untuk mengembangkan karir Anda. itu berarti Anda perlu mencari penyedia jasa pelatihan yang handal dan mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta workshop.

Ada beberapa poin yang perlu diingat  saat memilih provider pelatihan manajemen, yaitu:

  • Jenis training apakah private training, public training atau inhouse training. Mengetahui jenis pelatihan apa yang akan diikuti memudahkan Anda mengatur jadwal untuk memastikan dapat hadir saat acara tersebut diadakan. Anda juga dapat mencari informasi tempat pelakasaannya.
  • Ketahui manfaat dan tujuan dari setiap training yang diikuti. Pada pengumuman penawaran pelatihan biasanya provider juga mencantumkan sasaran dan tujuan secara lengkap dan jelas beserta silabus atau materi pelatihan yang akan diberikan.
  • Pastikan penyedia Training Manajemen tersebut kompeten dibidangnya. Anda dapat mencari informasi tentang profil fasilitator, klien dan juga portofolio lengkap dari provider tersebut.
  • Apa yang Anda dapatkan setelah sesi pelatihan selesai? Provider training yang dedikasi tinggi tentu menyediakan pelayanan purna jual yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi lebih lanjut apabila mengalami kesulitan saat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh saat pelatihan.

Training Manajemen bisa menjadi proses pembelajaran yang praktis bagi mereka yang latar belakang pendidikannya tidak secra khusus mengambil jurusan yang sama.

Tentunya, materi yang disediakan oleh penyelenggara pelatihan juga disesuaikan dengan kebutuhan akan ilmu praktis yang dapat segera diimplementasikan di dalam dunia kerja. Pada pelatihan tersebut, Anda dapat mempelajari teknik-teknik manajemen yang berkaitan dengan posisi Anda di perusahaan, baik sebagai karyawan biasa maupun manajer.

Selain ilmu manajemen yang memiliki keterkaitan pada jenis pekerjaan Anda, pelatihan manajemen juga dapat menjadi sasrana mempelajari ilmu manajemen lainnya seperti manajemen harga, manajemen distribusi dan manajemen pemasaran yang dapat dipergunakan apabila suatu saat nanti Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis sendiri.

Apapun jenis ilmu manajemen yang akan dipelajari, pastikan untuk mengikuti program yang disediakan oleh provider terpercaya.

GRATIS - 3 Buku Panduan Maknyuss tentang Strategi Pengembangan SDM. Download sekarang.