Bagaimana Cara dan Tahapan dalam Mengukur Efektivitas Training?

Setiap tahun banyak perusahaan yang menghabiskan banyak dana untuk pelatihan. Sangat tepat bila mereka menetapkan seberapa efektif pelatihan, apakah telah membantu dengan anggaran yang dikeluarkan tersebut.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Cara menentukan atau mengukur efektivitas training menekankan pentingnya mengetahui standar training dari individu dalam kelompok sebelum hal-hal baru terjadi dan kemudian menentukan perubahan yang terjadi dengan mengukur perbedaan dalam pencapaian setelah intervensi training selesai.

Dengan kata lain tujuannya adalah untuk menentukan efektivitas pelatihan dengan cara ilmiah pada tingkat kinerja individu.

Dalam organisasi yang telah mampu mengukur hubungan antara tujuan perusahaan hal ini sering dinyatakan sebagai indikator kinerja utama dan tujuan pelatihan.

Efektivitas training umumnya dilihat dari sejauh mana pelatihan mencapai tujuan perilaku dinyatakan dan berapa biaya pelatihan untuk kembali karena efektifitas tersebut merupakan cara untuk mendapatkan keuntungan perusahaan. Hal ini penting untuk memahami bahwa kedua komponen tersebut adalah berbeda dan tidak selalu berhubungan.

GRATIS - 3 Buku Panduan Maknyuss tentang Strategi Pengembangan SDM. Download sekarang.

Untuk menghindari kedua kegagalan untuk mendapatkan laba atas investasi serta hanya membuang-buang sumber daya perusahaan seperti waktu dan anggaran, semua itu harus ada ukuran efektivitas dari setiap program pelatihan yang diberikan.

Awalnya, training harus jelas bahwa pasti ada beberapa tujuan perilaku yang terkait dengan pelatihan di tempat tersebut, jika tidak mengapa diadakan training atau pelatihan tersebut?

Mengukur efektivitas pelatihan
Dalam rangka untuk mendapatkan efektivitas pelatihan, maka pelatihan tersebut harus diukur, sangat penting untuk memulai hal ini dengan pemahaman tentang konsep validitas pelatihan.

Program pelatihan banyak yang dilakukan untuk tujuan menanggapi atau mengoreksi masalah dalam suatu organisasi. Pelatihan mungkin efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan tetapi gagal untuk menyelesaikan masalah organisasi karena masalah organisasi tidak diidentifikasi dengan benar saat training tersebut.

Untuk mendapatkan ukuran wajar efektivitas pelatihan , tujuan program pelatihan harus dipahami dengan jelas sebelum dilakukan training sehingga bisa mencapai tujuan organisasi yang akan dicapai.

GRATIS - Materi Pelatihan tentang Penilaian Kinerja Karyawan dan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Pelatihan yang diberikan oleh perusahaan kadang memang tidak menghasilkan apa-apa yang berarti. Apakah ini baik untuk perusahaan? Bila setiap training yang dilakukan mengeluarkan biaya yang cukup mahal, berapa banyak lagi biaya yang harus anda keluarkan untuk training.

Sebenarnya bila ingin melakukan training yang efektif, perusahaan harus memiliki tujuan yang matang dan berhubungan dengan peningkatkan kualitas sumber daya yang dimiliki maupun produktivitas perusahaan.

Ada hal yang seirng dilupakan diantaranya adalah mengukur efektifitas training yang telah dilaksanakan tersebut. Hal ini bisa mengurangi biaya training maupun meningkatkan kualitas dari peserta. Bila perusahaan menginginkan kualitas sumber daya yang dimiliki bagus, hal pertama yang dilakukana adalah dengan memilih topik atua materi training yang tepat.

Setelah tujuan program pelatihan telah ditetapkan, ukuran paling tepat dari efektivitas pelatihan hanyalah sebuah tes apakah peserta benar-benar memahami training tersebut dengan menampilkan pola-pola perilaku yang berbeda sebagai hasil dari mengikuti pelatihan. Jika tidak, hal itu tidak bisa dikatakan pelatihan tersebut efektif.

Jika training tersebut memiliki tujuan yang tepat, dirancang dengan baik dengan konten yang solid sehingga peserta dapat belajar bagaimana untuk mencapai tujuan dan peserta harus bertanggung jawab untuk menggunakan apa yang mereka pelajari. Hal ini nantinya akan berdampak perubahan perilaku peserta.

Cara-cara mengetahui efektivitas training:
• Penilaian individu dari pelatihan melalui evaluasi tertulis
Biasanya evaluasi tertulis individu yang mengikuti program pelatihan yang dilakukan adalah kegiatan terakhir dalam periode training tersebut. Hal inni bertujuan untuk meminta evaluasi tertulis secara menyeluruh oleh para peserta beberapa waktu setelah pelatihan.

Hal ini memungkinkan untuk pertanyaan lebih bermakna dan tanggapan tentang apa dan bagaimana isi pelatihan tersebut yang bisa mereka pahami. Pertanyaan dalam sesi terakhir dari training tersebut adalah untuk mengukur aplikasi yang sebenarnya dari peserta pelatihan sehingga akan memberikan pemahaman yang lebih jelas apakah pelatihan itu benar-benar tepat dan efektif bagi para peserta.

• Pengukuran terhadap kinerja individu
Peserta training ditargetkan untuk meningkatkan kinerja di beberapa daerah, mengukur kinerja individu sebelum training dan kinerja mereka setelah training akan memberikan ukuran yang baik dari efektivitas training tersebut. Kinerja peserta yang ikut dalam training juga harus diukur, hal ini untuk mengetahui apakah kinerja tersebut benar-benar memberikan hasil yang maksimal untuk perusahaan. Kinerja karyawan yang baik akan memberikan hasil yang baik pula bagi perusahaan.

Info dan Jadwal Pelatihan Manajemen yang kami berikan, bisa di lihat disini.

Pengukuran efektivitas training melalui kinerja masing-masing individu akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan usaha perusahaan. Dengan mengetahui kinerja karyawan setelah mengikuti training, perusahaan bisa mengetahui apakah mereka benar-benar telah berubah ataukah tidak setelah mengikuti training.

• Pengukuran spesifik ditingkat