Apa Yang Bisa Didapat Dari Pelatihan Motivasi Perusahaan?

Jika perusahaan kita ibaratkan dengan sebuah mobil yang sedang berjalan menuju ke tujuan, maka motivasi kerja merupakan bahan bakar tambahan yang mendorong mobil tersebut agar bisa melaju lebih kencang sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa ditempuh dengan lebih cepat.

Bekerja dengan biasa saja mungkin tetap bisa membuat perusahaan tetap berjalan, namun dengan motivasi kerja yang tinggi, sebuah perusahaan bisa memperoleh tujuan atau kesuksesan yang menjadi tujuan dengan lebih cepat. Untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan, Pelatihan Motivasi sangatlah dibutuhkan.

Bayangkan ketika Anda harus bekerja 5 hari dalam seminggu, 8 jam setiap harinya di sebuah kantor yang sama terus menerus selama beberapa tahun. Tentunya semangat kerja akan kendor ketika Anda sudah bekerja selama beberapa tahun. Anda akan digerogoti oleh kejenuhan dan rasa monoton luar biasa sehingga akibatnya adalah hasil kerja yang menurun.

Untuk menanggulangi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan motivasi sebagai bahan bakar semangat bagi para karyawan yang tengah dilanda kebosanan dan kejenuhan dalam bekerja.

Untuk memahami pentingnya Pelatihan Motivasi Anda bisa menyimak cerita berikut ini: Bayangkan Anda adalah seorang pendayung di sebuah kapal. Anda terus melakukan tugas mendayung tanpa diberitahukan kemana arah dan tujuan kepal. Tentunya Anda hanya akan mendayung seperti yang diperintahkan saja tanpa berniat mendayung lebih keras.

GRATIS - 3 Buku Panduan Maknyuss tentang Strategi Pengembangan SDM. Download sekarang.

Namun ketika kapten kapal memberitahukan bahwa tujuan kapal adalah untuk memburu harta karun, maka Anda bisa mendayung dengan lebih semangat lagi bahkan tidak kenal lelah.

Makna dari cerita diatas adalah motivasi berarti bukan mendorong namun lebih ke memberikan seseorang tujuan untuk dicapai. Dalam memberikan motivasi berarti Anda memberitahukan tujuan yang sebenarnya sehingga orang menjadi lebih semangat karena merasa ikut memberikan tenaga untuk mencapai tujuan tersebut.

Motivasi bisa tumbuh dengan sendirinya atau yang disebut dengan faktor internal. Faktor internal bisa dipicu oleh beberapa hal seperti ambisi, kepercayaan diri, impian, hingga pembuktian diri. Namun faktor internal ini kadang tidak dimiliki oleh semua orang. Untuk itulah Pelatihan Motivasi sangat dibutuhkan oleh semua karyawan tidak hanya demi kepentingan perusahaan saja namun juga sebagai pendorong di kehidupan pribadi masing – masing karyawan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat nyata dari training motivasi kepada karyawan:

  1. Motivasi bisa memberikan keberanian pada karyawan. Keberanian dalam hal ini adalah keberanian untuk berani bersaing dengan rekan kerja, keberanian menyampaikan pendapat, keberanian mengimplementasikan idea tau gagasan menjadi sebuah aksi nyata, dan keberanian untuk mengubah kebiasaan yang buruk dalam hidup. Dalam kehidupan kerja, keberanian individu sangat dibutuhkan agar perusahaan bisa maju. Namun motivasi juga mengajarkan bahwa keberanian tidak bisa diartikan dengan modal nekat karena harus selalu ada perhitungan atau perencanaan yang matang.
  2. Dalam Pelatihan Motivasi para karyawan juga akan diajarkan mengenai kiat – kiat dalam mengatasi kebosanan dalam bekerja. Dalam pelatihan ini karyawan bisa mendapatkan beberapa cara untuk menciptakan hal baru di lingkungan kerja dengan tetap berpegang teguh pada aturan kantor sehingga rasa bosan dan jenuh selama bekerja bisa diatasi. Tidak hanya tips untuk individu karyawan, perusahaan juga bisa mendapatkan beberapa kiat dan tips tentang bagaimana menciptakan suasana kerja yang kondusif, menyenangkan, dan tidak monoton sehingga semua karyawan bisa tetap semangat dan tidak mudah jenuh.
  3. Training motivasi juga akan memberikan kiat dan tips bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi kegagalan. Dalam hidup manusia akan mengalami banyak sekali kegagalan dari mulai kegagalan kecil hingga kegagalan besar. Dalam kehidupan kerja beberapa kegagalan yang biasa terjadi diantaranya seperti gagal memperoleh jabatan baru, gagal dalam mendapatkan suatu proyek, gagal dalam mencapai target, gagal memperoleh bonus, dan lain sebagainya. Dengan tips dan trik dalam mengatasi kegagalan, karyawan akan lebih siap dan tidak akan mudah putus asa ketika menghadapi kegagalan di lingkungan kerja mereka.
  4. Pelatihan Motivasi dapat membantu menciptakan suasana kerja yang lebih dinamis dan enerjik. Namun biasanya efek training hanya akan dirasakan beberapa minggu setelah training diadakan. Pelatihan yang baik dan professional akan bisa memberikan tips dan solusi bagi perusahaan tentang bagaimana memelihara motivasi dan semangat kerja setiap karyawan mereka. Trainer yang professional dan berpengalaman tidak hanya bisa memberikan efek dalam jangka pendek namun bisa membantu perusahaan dalam memelihara motivasi karyawan mereka dalam jangka waktu panjang.

Training motivasi biasanya diadakan secara rutin minimal setahun sekali oleh perusahaan. Memilih lembaga khusus training yang sanggup memberikan motivasi dalam jangka panjang merupakan sebuah keharusan agar hasil pelatihan tidak hanya bertahan beberapa minggu saja. Jika Anda ingin tujuan perusahaan tercapai lebih cepat, maka gunakan saja jasa lembaga training professional untuk membantu memotivasi karyawan di perusahaan Anda.

GRATIS - Materi Pelatihan tentang Penilaian Kinerja Karyawan dan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

GRATIS - 3 Buku Panduan Maknyuss tentang Strategi Pengembangan SDM. Download sekarang.