Apa yang dimaksud dengan soft skill traning ? Yaitu pelatihan atau pengembangan yang dilakukan untuk memperlihatkan kembali kemampuan atau minat seseorang yang berasal dari dirinya sendiri, lebih tepatnya disebut dengan bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Soft skill traning biasanya diadakan untuk mengetahui bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak usia dini, hal tersebut dilakukan oleh para orang tua agar lebih mengetahui minat anak terhadap apa yang mereka inginkan dan miliki.

Soft skill traning tersebut biasanya diadakan oleh sekolah-sekolah, dalam hal ini pendidikan pada taman kanak-kanak (TK) atau Playgroup dengan cara memberikan games atau edukasi yang bermanfaat untuk mengetahui minat peserta. Apa yang bisa anda dapatkan dengan mengikutsertakan anak anda dalam soft skill training ?

Berikut beberapa keuntunganya.

• Mengetahui lebih awal tentang minat, hobi dan keahlian khusus yang dimiliki oleh anak anda. Sehingga anda lebih mudah mengarahkan mereka pada suatu pendidikan yang sesuai dengan bidang atau keahlian yang mereka inginkan.

Jika anak anda mempunyai passion yang lebih dalam olah vocal, maka anda bisa memberikan pendidikan tambahan dengan mengikutsertakan mereka pada sekolah vocal.

Begitu juga dengan mereka yang mempunyai minat atau passion lebih pada dunia pendidikan, hendaknya anda mengarahkan mereka dengan mengikutsertakan dalam les atau pelatihan tambahan mengenai edukasi yang sesuai dengan minatnya.

• Memberikan pelatihan untuk mengasah kemampuan yang dimiliki oleh mereka, dan hal tersebut juga bisa membantu mereka untuk mengetahui passion lebih yang dimilikinya. Ini bisa juga menambah rasa percaya diri pada anak anda, karena secara tidak langsung mereka telah mengetahui bakat yang dimilikinya.

Selain beberapa keuntungan diatas, ada hal-hal yang perlu juga anda perhatikan agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.Seperti :

• Sebaiknya anda lebih selektif dalam menentukan pilihan yang tepat untuk sekolah ataupun lembaga pendidikan yang mengadakan pelatihan tersebut, hal ini diperlukan agar anda bisa memberikan kualitas terbaik untuk anak-anak anda. Sehingga kedepannya mereka akan lebih siap dalam menghadapi persaingan yang semakin berat dan cukup ketat.

• Jangan memaksakan kehendak anda jika anak merasa kurang cocok dengan pilihan yang anda tentukan, setidaknya berikan mereka ruang gerak yang cukup untuk bisa ikut serta dalam menentukan pilihan tempat yang tepat untuk mengikuti soft skill traning tersebut.

• Carilah beberapa informasi maupun referensi bahkan rekomendasi terhadap tempat yang akan anda pilih untuk mengikutsertakan anak pada pelatihan tersebut. Sehingga anda bisa mengetahui lebih dalam lagi mengenai kualitas dan juga bonafisitas terhadap lembaga traning tersebut.

Dari semua uraian diatas hal yang lebih penting adalah tentang bagaimana pada akhirnya anda bisa membentuk bakat dan kemampuan anak untuk bekalnya dimasa yang akan datang, perhatikan juga karakter dan sifat yang mereka miliki karena ini juga menjadi salah satu penentu dalam membentuk tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Untuk melihat perkembangan yang telah terjadi pada diri anak, anda bisa memperhatikan tumbuh kembang mereka pada lingkungan sekitar. Baik dalam lingkungan keluarga maupun kehidupan sosialnya, seperti sekolah, teman bermain, sanak family dan sebagainya.

Anda bisa melakukan analisa dengan melakukan penilaian, seperti jika anak anda dahulunya mempunyai sifat yang cenderung pemalu dan kemudian berubah menjadi sosok yang percaya diri dan mudah bergaul di lingkungan teman-temannya, maka secara tidak langsung anda sudah berhasil membantu mereka dalam membentuk kepribadian ke arah yang lebih baik dan positif.