Bagaimana cara melakukan persiapan training dengan baik. Dengan melakukan review ulang untuk persiapan-persiapan yang dibutuhkan dalam acara tersebut. Hal ini berguna untuk memperlancar dan mempermudah berjalannya proses traning yang telah direncanakan, oleh sebab itu perhatikan beberapa hal untuk mempersiapkan pelatihan yang akan dilakukan, yaitu :

• Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencari tahu tentang berbagai informasi yang berkaitan dengan pelatihan yang akan anda ikuti atau adakan, dimulai dari segala sesuatu yang masih ada kaitannya dengan tema atau jenis pelatihan yang akan dilakukan.

Seperti, jika anda ingin mengadakan suatu pelatihan yang berkaitan dengan skill atau kemampuan dalam mengembangkn bakat dalam bidang tata boga atau kulier, maka anda bisa mengumpulkan beberapa referensi mengenai dunia kuliner dan sejenisnya. Salah satunya adalah dengan mencari tahu tips dan trik untuk menjadi juru masak atau koki yang baik dan berkualitas, materi tersebut bisa anda tampilkan dalam acara traning yang diselenggarakan.

• Menyediakan persiapan dan juga perlengkapan untuk dijadikan sarana pendukung dalam mengadakan traning tersebut, seperti papan tulis atau whiteboard, spidol, bangku, meja, proyektor, buku, dan lainnya yang berkaitan dalam materi pengajaran yang akan diberikan.

• Jika materi yang ingin disampaikan cukup banyak dan membahas segala aspek yang diperlukan, anda bisa membantu peserta dengan memberikan atau membagikan hard copy tentang materi yang akan disampaikan sehingga lebih mudah untuk dilakukan pembahasan secara bersamaan.

• Ciptakan suasana atau lingkungan yang nyaman ketika pembahasan materi pelatihan sedang berlangsung, dengan menyediakan AC, ruangan yang bersih dan sehat, serta suasana hening atau jauh dari keramaian yang bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi para peserta.

• Berikan soal atau pertanyaan yang harus dijawab oleh para peserta untuk mengetahui sejauh mana pemahaman yang mereka dapat dan cerna selama pelatihan tersebut berlangsung, dan dari situ seorang pengajar juga bisa menilai kualitas kemampuannya dalam memberikan penjelasan maupun pengajaran kepada peserta training.

Selain hal tersebut peserta pun bisa menilai kemampuan otak atau intelegitas yang dimilikinya dalam menangkap pelajaran yang diberikan oleh orang lain. Jika peserta maupun pengajar mampu memberikan hasil yang maksimal dengan mampu atau berhasilnya memberikan dan menjawab pertanyaan yang ada, maka anda termasuk pengajar dan juga peserta yang berhasil dalam traning tersebut.

Jika beberapa hal seperti tersebut diatas sudah dilakuan dengan cara mereview ulang kembali, diharapkan anda bisa memberikan pelatihan yang baik untuk para peserta, baik dari segi materi, penyampaian dan juga interaksi yang dilakukan pengajar untuk para peserta.

Traning identik dengan suatu pelajaran yang cukup membosankan, hal tersebut biasanya terjadi karena pengajar tidak memperhatikan bagaimana membangun suasana yang baik, hangat atau tidak bisa mencairkan suasana yang sedang berlanngsung.

Penyampaian materi yang dilakukan secara monoton, otomatis akan menimbulkan kejenuhan yang mengundang rasa bosan peserta sehingga mereka tidak fokus lagi terhadap materi yang sedang disampaikan oleh pengajar.

Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya anda melakukan evaluasi secara berkala mengenai efektifitas traning yang telah dilaksanakan, sehingga traning yang akan anda adakan dikemudian hari mampu memberikan bahkan mempunyai kualitas yang lebih untuk disajikan kepada peserta serta menjadi lembaga traning yang lebih baik dan kompeten dibidangnya.