Jika anda mempunyai keinginan untuk membuka usaha seperti lembaga pelatihan, training atau sejenisnya, ada baiknya anda melakukan beberapa persiapan seperti:

• Menentukan Lokasi
Pilihlah lokasi yang letaknya cukup strategis seperti ditengah kota atau pusat dari beberapa aktifitas seperti, dekat dengan sekolah, terminal, perkantoran dan sebagainya.

Hal ini dimaksudkan agar bagi mereka yang membutuhkan pengetahuan tambahan akan lebih mudah menemukan tempat yang cocok dan sesuai baik dari segi kualitas dan juga efesiensi waktu.

Seperti halnya para pegawai yang membutuhkan pelatihan khusus atau pengetahuan tambahan sebagai salah satu penunjang agar bisa lebih mudah menyelesaikan pekerjaan, maka mereka bisa langsung datang ke lembaga pendidikan tersebut tanpa harus menempuh jarak yang cukup jauh.

• Tempat Belajar Mengajar
Sebaiknya anda menyediakan tempat yang cukup nyaman dan memadai untuk melaksanakan proses belajar mengajar, ini diperlukan untuk bisa memberikan rasa nyaman pada saat melakukan aktifitas tersebut.

Perhatikan beberapa aspek yang berkaitan dengan hal tersebut seperti, kebersihan, kapasitas ruang yang tidak terlalu sempit sehingga memberikan ruang gerak bagi pengajar dan juga pelajar itu sendiri.

• Kurikulum
Perhatikan juga kurikulum yang akan anda berikan dan sediakan bagi para peserta pelatihan, agar apa yang disampaikan lebih tepat sasaran. Terutama jika anda menawarkan pelatihan dalam bentuk paket seperti untuk beberapa waktu, tentunya anda harus menyiapkan jadwal yang disesuaikan dengan besarnya biaya yang dibutuhkan dalam pelatihan tersebut.

• Izin Pendirian
Utamakan perijinan dalam pembentukan dan pembukaan lembaga pelatihan yang anda dirikan dengan mendapatkan legalitas yang sah dari pemerintah setempat, ini akan menunjukan kualitas dan juga bonafidnya lembaga yang anda dirikan. Hal ini pun yang akan menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menggunakan jasa yang anda tawarkan.

• Biaya
Tentukan tarif besarnya biaya yang akan anda tawarkan kepada para peserta pelatihan, bisa dengan memberikan beberapa pilihan yang bisa mereka tentukan sendiri.

Sebaiknya besarnya kisaran harga yang ada tawarkan harus bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan yang juga banyak tersedia belakangan ini. Hindari penawaran harga yang cukup tinggi, karena hal tersebut bisa saja menjauhkan usaha anda dari para konsumen yang tidak menginginkan mahalnya tarif pada pelatihan tertentu.

• Promosi
Anda pun bisa melakukan promosi pada usaha yang sedang anda jalankan, ini berguna agar lembaga pelatihan atau pendidikan yang anda dirikan bisa diketahui dan dikenal banyak orang khususnya masyarakat pada umumnya.

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara dan juga melalui berbagai media seperti media cetak, electronik, dan juga media online.

Anda bisa memilih dan menggunakan media yang dirasa lebih cocok untuk melakuan promosi, atau anda pun bisa menggunakan beberapa media tersebut secara bersamaan agar dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

Dalam melakukan promosi anda juga bisa memberikan diskon atau potongan harga untuk beberapa jenis pelatihan yang dirasa lebih diminati banyak orang, dengan begitu diharapkan mereka akan lebih tertarik untuk menggunakan jasa lembaga pelatihan yang anda sediakan.

Dari beberapa aspek tersebut hal yang paling mendasar dan cukup penting adalah bagaimana anda bisa memberikan pelayanan yang baik, serta kualitas cara pengajaran dan pelatihan yang tidak dimiliki oleh lembaga lainnya.

Dengan memberikan kualitas dan sistem pengajaran yang baik, maka kami yakin anda bisa bersaing dengan lembaga-lembaga pelatihan yang telah ada dan berkembang lebih awal usaha yang anda dirikan saat ini.