Untuk menjadi kandidat karyawan nomor satu, Anda harus mampu memanfaatkan energi positif yang ada dalam diri Anda maupun yang ada disekitar Anda. Mulailah dari diri sendiri seperti :

1. Berpikir Positif
Sebelum ada mulai membiasakan diri berpikir positif, Anda harus percaya pada hal-hal yang positif terlebih dahulu. Seperti :
• Bukan kata-kata manis yang membuat seseorang dihormati, tetapi karena perbuatan baik yang dia lakukan.
• Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Artinya, memberi jauh lebih baik daripada sekedar menerima.

Kalau Anda sudah memiliki kepercayaan akan hal-hal positif seperti contoh diatas berarti Anda bisa mulai melangkah pada tahap selanjutnya yaitu berpikir hanya yang positif. Tentang diri Anda sendiri atau tentang orang lain. Menyikapi segala peristiwa yang terjadi disekitar Anda dengan pikiran positif akan membuat Anda lebih tenang dan tidak mudak panik. Jika Ada membiarkan pikiran negatif mendasari setiap pemikiran Anda maka Anda akan menjadi pribadi yang tidak menyenangkan.

Orang akan merasa tidak nyaman dengan Anda karena pendapat atau pandangan yang Anda berikan selalu negatif. Anda memandang dunia ini penuh dengan kesinisan. Padahal tidak semua hal buruk yang terjadi benar-benar memberi dampak buruk bagi Anda. Sedangkan kalau berpikir positif, banyak ide atau mimpi dapat Anda wujudkan. Orang yang berpikir positif adalah orang yang percaya pada pengharapan, pada impian dan juga cita-cita. Kalau Anda ingin menjadi yang terbaik, pikiran positif harus selalu menjadi bagian diri Anda.

2. Menghargai Orang Lain

Dalam pergaulan kantor kita berinteraksi dengan banyak orang. Meskipun menyenangkan bisa bergaul dengan berbagai karakter orang, tapi kadang kala kita menerima perlakuan yang buruk. Bisa hinaan, penolakan, atau hasutan. Tapi yang paling menyakitkan adalah ketika kita tidak dihargai oleh orang lain. Direndahkan oleh sesama manusia tentu sangat menyakitkan hati kita. Karena itu, sebelum kita mengharapkan orang lain menghargai kita maka kita harus dapat menghargai orang lain terlebih dahulu.

Menghargai orang lain harus melekat dalam perilaku kita sehari-hari. Kepada mereka yang lebih senior, kita wajib menghargai. Namun kepada yang mudapun kita harus menaruh penghargaan yang sama. Hargai juga ide orang lain. Tidak peduli sekecil atau seremeh apapun ide yang orang lain sampaikan kepada Anda. Menghargai orang lain akan membuat Anda berjiwa besar. Seorang calon pemimpin harus memiliki sifat dan perilaku yang demikian. Anda ingin menjadi karyawan nomor satu? Mulai sekarang Anda harus belajar menghargai orang, dimanapun dan kapanpun.

3. Kembangkan Diri Terus Menerus
Perubahan yang selalu terjadi mau tak mau membuat kita juga harus terus berkembang. Kemajuan teknologi misalnya, telah membuat dunia menjadi tanpa batas. Anda tentu tidak mau tertinggal bukan? Salah satu energi positif yang harus Anda pelihara adalah keinginan untuk selalu berkembang.

Tidak cepat puas terhadap apa yang telah diraih. Atau tenggelam dalam kenyamanan sehingga tidak berani menerima tantangan. Untuk menjadi pribadi yang unggul, Anda harus terus meningkatkan kemampuan diri. Pengembangan diri tidak melulu dari sektor formal seperti sekolah. Tapi juga melalui kegiatan membaca, diskusi ataupun berbagi pengetahuan dengan banyak orang.

4. Ciptakan Tempat Kerja yang Nyaman
Kondisi tempat kerja juga akan mempengaruhi energi positif yang Anda miliki. Bisa saja rekan-rekan kerja Anda menyenangkan, tetapi karena ruangan kerja Anda kurang nyaman maka Anda kurang memperoleh tambahan energi yang positif dalam bekerja. Ruang kerja yang bersih dan nyaman akan membantu kita menggali inspirasi dan ide-ide baru. Jangan sepelekan ruang kerja Anda. Jadikan semangat pagi Anda terjaga terus intensitasnya sepanjang hari dalam ruangan yang sama.

5. Saling Percaya
Kepercayaan yang Anda terima dari rekan-rekan kerja akan menjadi energi positif yang akan memompa semangat kerja Anda. Dapat Anda bayangkan jika suasana kerja tanpa ada rasa saling percaya? Setiap ide yang Anda utarakan akan jadi bahan bulan-bulanan. Mereka akan mempertanyakan : memangnya Anda bisa? Bandingkan jika semua rekan kerja Anda saling percaya. Semua pekerjaan yang ada akan dihadapi bersama.

Anda dan mereka akan saling mendukung. Tidak ada kecurigaan, tidak ada keraguan. Kondisi yang demikian tentu menjadi energi positif bagi Anda. Prestasi Anda bisa lebih maksimal. Jalan menuju posisi sebagai yang nomor satu semakin terbuka lebar.